Rabu, 11 Juli 2007

The Tipping Point.

Gw baru aja selesai baca buku Tipping Point punya si kakak, yang sudah berbulan-bulan ada di rak meja. Sorry karena kesibukan sehari-hari, dan pemikiran yang bercabang-cabang (all the time), buku ini jadi buku yang laaaaama banget diselesaikan :)

Terus terang, gw jarang banget baca, tapi, menurut gue ini sangat menarik. Buku ini memberikan analisa dan penjelasan bagaimana sesuatu social/ behaviour events kecil dapat berubah, berkembang menjadi sesuatu yang besar, dan sangat berpengaruh dalam waktu yang singkat. Contoh konkritnya dimulai dari sepatu Hush Puppies yang hampir mati, sampai gaya hidup seperti merokok dan suicide!

Si penulis memberikan beberapa faktor penyebab adanya tipping point atas sesuatu event. Salah satunya yang paling powerfull adalah the messenger/ si penyampai pesan. Di dalam kasus Hush Puppies, brand tersebut kembali meningkat karena adanya sejumlah disainer/ orang-orang ternama yang mulai menggunakan brand ini didalam showcase mereka di Milan-London. Sejak saat itu si anjing kecil bermata sayu ini kembali mengepakkan buntutnya dan bergongong kencang. Orang-orang kembali memperhatikan lucunya si anjing ini.

Berbeda dengan smoking and suicide habits dikalangan anak muda. Kembali sepecial events ini dikaitkan kuat dengan si penyampai pesan. Kalangan muda, kerap melakukan atau mencoba hal-hal baru yang sensasional. Biasanya mereka merekam fenomena ini sejak dini, dan menyita perhatian mereka sangat dalam. Banyak dari mereka mendapatkan bahwa dengan merokok akan kelihatan lebih bergengsi/dewasa/ outlaw. Terpikirkah kalau merokok, sebenarnya tidak membuat "Cool", hanya saja karena "Cool" people kebanyakan merokok - it looks more cool thenever! Mungkin pemikiran yang sama juga dengan fashion industry. Bukannya orang kurus itu selalu keren, tetapi pakaian memang jauh lebih bagus jatuhnya bila dikenakan oleh orang kurus :)

Bagaimana dengan suicide ? sudah pernah mendengar film virgin suicide. Film ini juga dapat menginspirasi suicide diantara kalangan muda. Anak-anak muda ini begitu gampang menyerah dengan keadaan, bunuh diri di usia muda, damn! mereka still look hot when they're dead! contoh lain, kurt cobain dan sejajaran artis muda lainnya. Saat mereka sedang booming, boom! they're dead. Saya rasa ini bisa menjadi indikasi "Cool" di masa modern ini.

-a book in need, a book indeed-

Tidak ada komentar: